Minggu, 30 Desember 2012

Mengawal Perubahan 02 - Kalahkan Ego

Belajar mengalahkan EGO....
Mudah didengar mudah dibaca mudah dituliskan tapi tidak mudah untuk dilakukan.
Teringat sebuah kata bijak yang cukup sering diucapkan oleh mantan presiden RI Pak Harto "Ngeluruk Tanpa Bala, Menang Tanpa Ngasorake, Sekti Tanpa Aji Aji, Sugih Tanpa Bondo" yang kalau diterjemahkan secara bebas sebagai berikut:
"Menyerang musuh tanpa membawa pasukan, Memenangkan peperangan tapi tidak menghina yang dikalahkan, Berwibawa tanpa mengandalkan kekuasaan atau kekuatan, Menjadi orang yang kaya secara sikap hidup bukan karena kekayaan duniawi."
Dalam organisasi sering kita berhadapan dengan suatu keadaan dimana kita tidak bisa melakukan perbaikan seperti yang kita pikirkan. Kalau kita memaksakan perubahan dilakukan seketika mungkin bukan perbaikan yang terjadi seperti maksud kita malah mungkin menjadi bola liar yang tidak terkendali.
Selalu lebih baik melakukan kompromi untuk menerima masukan dari pihak yang tidak setuju dengan ide perbaikan kita. Dengan kompromi maka kita membuka jalan untuk mengkomunikasi ide kita dengan lebih baik. Pendekatan dengan maksud hati yang baik akan membuka pintu komunikasi lebih lebar. Dan setelah komunikasi terbuka terjadi sedikit demi sedikit ide kita akan mulai diterima dan saat di aplikasikan akan lebih mulus.
Banyak hal bagus yang tidak bisa diaplikasikan karena kita tidak mampu mengkomunikasikannya. Kantongi dulu EGO, bersikaplah seperti bagaimana kita ingin diperlakukan niscaya  pintu komunikasi mulai terbuka dan kesuksesan hanya masalah waktu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar